Manfaat E-learning dalam Dunia Pendidikan Siswa - BIMBEL AJJ

Manfaat E-learning dalam Dunia Pendidikan Siswa

Saat ini pemerintah Indonesia gencar mengembangkan berbagai macam aplikasi pada dunia pendidikan. Ini diharapkan agar negara ini tidak tertinggal dari negara tetangga yang sudah selangkah lebih maju pada pengembangan di dunia pendidikan yang memanfaatkan teknologi. Software yang sangat mumpuni salah satunya adalah e-learning. E-learning sendiri merupakan sebuah proses pembelajaran menggunakan jaringan lokal maupun international.

E-Learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet atau media jaringan komputer lain. Pembelajaran elektronik atau yang lebih dikenal dengan e-learning adalah cara baru dalam system belajar dan mengajar menggunakan teknologi internet.

Manfaat E-Learning Untuk Pendidikan Siswa

Berikut adalah 5 manfaat utama pembelajaran e-learning sebagai alternatif pengembangan pembelajaran, bila dibandingkan dengan model tradisional pembelajaran yang dilakukan selama ini.

Efisiensi Waktu

Pengiriman materi dan tugas yang cepat melalui e-learning  memang berkali lipat jika dibandingkan siklus pengiriman kelas yang berbasis tradisional. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa e-learning mengurangi waktu belajar dengan setidaknya 25 sampai 60 persen bila dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Sistem ini menghemat waktu pembelajaran dikarenakan:

  • Tidak memakan waktu lama untuk memulai dan mengemas sesi pembelajaran
  • Peserta didik dapat mengatur kemampuan materi sendiri
  • Tidak memakan waktu perjalanan karena harus datang ke tempat pembelajaran atau ruang belajar
  • Peserta didik dapat fokus pada program yang mereka butuhkan untuk belajar dan dapat melewati apa yang sudah mereka ketahui

Memungkinkan interaksi pembelajaran dari mana dan kapan saja

Dengan menggunakan sumber belajar yang dikemas dengan elektronik dan adanya diakses peserta didik denga melalui internet, sehingga peserta didik bisa  melakukan interaksi pada sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja. Oleh karena itu guru mudah mengoreksi tugas. Sebab semua tugas kegiatan saat pembelajaran bisa langsung diterima setelah pengerjaan. Tanpa harus menunggu janji untuk bertemu dengan guru.

Biaya yang Lebih Rendah

Mudaha dan cepatnya penyampaian  e-learning, maka biaya pembelajaran serta pengembangan akan berkurang drastis. Seperti mengurangi waktu pelatihan dan penghematan biaya-efektif dalam hal pelatih, materi kursus, perjalanan dan akomodasi.

Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas

Jumlah peserta didik yang bisa dijangkau lewat kegiatan pembelajaran elektronik akan semakin lebih banyak. Hal ini karena waktu dan tempat yang fleksibel. Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Kapanpun, siapapun dan dimanapun, seseorang bisa belajar. Interaksi pada sumber belajar dapat dilakukan melalui internet. Kesempatan untuk dapat belajar benar-benar sudah terbuka lebar untuk siapa saja yang memerlukan.

Dampak Lingkungan Rendah

Dengan menggunakan pembelajaran ini sebagai alternatif dalam pengajaran berarti mengurangi penggunaan pembelajaran berbasis kertas pada kelas tradisional. Kesimpulannya E-learning menjadi cara yang efektif bagi organisasi yang secara signifikan yang dapat mengurangi jejak karbon mereka.

Hubungi Kami